Selasa, Januari 19, 2010

LPJ

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN KKN POSDAYA

DESA TAMBI

KECAMATAN WATUKUMPUL

KABUPATEN PEMALANG































Oleh :





SARI SUNDARI A1A005030

DIKY MARDIANTO C1C005008

DWI CAHYO N. C1G007049

DWI PEPI ANDANI D1D005039

RAHAJENG PUSPA P. E1A005099

NURRUL NURFADILAH F1C004077

ENDAH PURNAMASARI G1A005124

FIKA DWI PUSPITA J1A005031

ABDUL WAKHID L1A005039

AGIS TAUFIK NIA005107

























DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PURWOKERTO

2009

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia sehingga penyusunan program definitif Kuliah Kerja Nyata Posdaya (KKN POSDAYA) Universitas Jenderal Soedirman semester gasal 2008/2009 di desa Tambi Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang yang telah akan dilaksanakan tanggal 27 Januari dan berakhir tanggal 3 Maret 2009

Program ini memuat informasi tentang berbagai hal mengenai program kerja KKN POSDAYA, rencana pelaksanaan KKN POSDAYA. Adapun program definitif KKN POSDAYA ini diharapkan dapat bermanfaat dalam pemantauan pelaksanaan KKN POSDAYA yang diadakan didesa ini sehingga pada akhirnya bermanfat pula bagi masyarakat ataupun pemerintah daerah setempat. Sehubungan dengan hal tersebut maka kami ucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada :

1.

Prof. Dr. Ir.Soedjarwo, SU, selaku Rektor Universitas Jenderal Soedirman.
2.

Ir. H. Sukardi, MS., selaku ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Unsoed.
3.

dr Agung Suprasetya Dwi Laksana MScPH selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang telah banyak memberikan bimbingan dan bantuan penyusunan dalam penulisan program kerja.
4.

Ibu Sobiyah selaku kepala desa Tambi Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang, yang selalu memberikan dukungan dan bantuan baik moril maupun materiil sehingga kami mampu menjalankan program dengan baik.
5.

Ibu Sri Harningsih Selaku Kepala puskesmas pembantu dan bidan desa kec.Watukumpul, Kab.Pemalang yang selalu mendukung kami baik dana maupun inspirasi-inspirasinya yang dapat menambah wawasan kami.
6.

Perangkat desa, tokoh-tokoh masyarakat desa, dan warga Tambi yang sangat antusias dan membantu kami dalam menjalankan program POSDAYA.
7.

Teman-teman seperjuangan, senasib dan sepenanggungan KKN POSDAYA UNSOED 2008/2009.

Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi kesempurnaan program kerja ini. Akhir kata penyusun berharap laporan ini berguna dan bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan.



Purwokerto, Maret 2009



Tim KKN POSDAYA Desa Tambi













BAB I

PENDAHULUAN



Pembangunan adalah hal mutlak yang harus dilaksanakan oleh bangsa Indonesia dan seluruh bangsa lain di dunia. Pelaksanaan pembangunan di Indonesia tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja melainkan juga oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai otonomi daerah, maka pemberdayaan masyarakat desa harus lebih ditingkatkan baik sumber daya alam yang ada maupun sumber daya manusia sebagai subjek dan objek pembangunan. Pembangunan yang menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat, tentu saja tidak lepas dari peran serta berbagai pihak, yaitu instansi pemerintah, swasta, masyarakat maupun perguruan tinggi sebagai salah satu lembaga ilmiah.

Melalui Kuliah Kerja Nyata POSDAYA (KKN POSDAYA) diharapkan mahasiswa dapat memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan yang ada khususnya masalah kesehatan dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai program pendidikan, KKN POSDAYA bertujuan agar mahasiswa diperkenalkan secara langsung dengan masyarakat dan permasalahannya serta dengan cara kerja antar sektor Interdisipliner. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa mengamalkan ilmu dan menanggulangi masalah secara pragmatis. Dengan kata lain, melalui KKN POSDAYA mahasiswa diharapkan dapat membantu pembangunan masyarakat, sehingga peran serta masyarakat sangat menentukan keberhasilan KKN POSDAYA.

1.

Keadaan Umum Lokasi KKN POSDAYA

Desa Tambi dengan luas wilayah desa 360,10 ha. Adapun batas-batas wilayah sebagai berikut:

1.

Sebelah utara : Desa Watukumpul
2.

Sebelah timur : Desa Majalangu
3.

Sebelah barat : Desa Badak
4.

Sebelah selatan : Kabupaten Purbalingga

Penduduk di desa Tambi berjumlah 2.037 orang yang terdiri dari 622 KK. Mata pencaharian penduduk desa Tambi adalah petani 263 orang, buruh tani 421 orang, pedagang 46 orang, perajin 2 orang, PNS 10 orang, montir 4 orang, dan buruh / swasta 48 orang

Dilihat dari jumlah penduduk dari bermata pencaharian bertani, maka potensi di desa Tambi yang paling menonjol adalah hasil-hasil pertanian yaitu jagung, padi, ubi kayu. Kebanyakan para petani memelihara hewan ternak yaitu: ayam, kambing, sapi, dan kerbau. Selain itu juga ada yang memanfaatkan lahan pekarangan dan tegalan untuk dibuat kolam atau empang.

Kegiatan dibidang kerohanian cukup baik dengan adanya kelompok pengajian. Adanya pertemuan rutin tiap RT dapat mempererat rasa kekeluargaan dan dapat dijadikan ajang rembug dalam menyelesaikan masalah yang ada diwilayah tempat tinggal. Rasa kegotong royongan masih sangat kental dimasyarakat sehingga dapat digunakan untuk menunjang proses pembangunan desa dan mental masyarakat. Desa Tambi mempunyai ciri-ciri fisik dan masyarakat yang hampir sama dengan desa-desa lain, hal tersebut dapat dilihat dari data dibawah ini:

1.

Potensi Dasar / Alam

Banyak Dusun : 2 Unit

Banyak RW : 2 Unit

Banyak RT : 11 Unit

2.

Sarana Pemerintahan Desa

Balai Desa : 1 Unit

Kantor Desa : 1 Unit

3.

Penduduk

1.

Jumlah Kepala Keluarga : 622 Orang
2.

Jumlah Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan

1.

Jumlah penduduk belum sekolah : - orang
2.

Usia 7-45 tahun tidak pernah sekolah : 27 orang
3.

Jumlah penduduk tidak tamat SD/sederajat : 226 orang
4.

Jumlah penduduk tamat SD/sederajat : 482 orang
5.

Jumlah penduduk tamat SLTP/sederajat : 97 orang
6.

Jumlah penduduk tamat SLTA/sederajat : 42 orang
7.

Jumlah penduduk tamat D-1 : 3 orang
8.

Jumlah penduduk tamat D-2 : 7 orang
9.

Jumlah penduduk tamat D-3 : 3 orang
10.

Jumlah penduduk tamat S-1 : 4 orang

4.

Potensi Desa

Desa Tambi Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang memiliki sumber daya yang cukup representatif untuk dikembangkan, antara lain:

1.

Bidang pertanian

Sektor pertanian yang ada di Desa Tambi meliputi sawah, tanah tegal/ladang, dengan produksi tanamannya yaitu tanaman pangan berupa padi, jagung, dan ubi kayu.

2.

Bidang peternakan

Potensi desa di bidang peternakan yaitu peternakan kambing, sapi, ayam, dan kerbau.

3.

Bidang usaha kecil Menengah/ Home Industri

Potensi desa di bidang usaha kecil menengah tidak banyak. Usaha yang ada di desa Tambi berupa industri kerajinan sapu glagah, pembutan tempe dan pembuatan gula aren.

4.

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia yang ada belum ditunjang oleh tingkat pendidikan yang cukup baik, hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat Tambi mengenai pendidikan masih cukup rendah. Selain itu kasus pernikahan dini pada anak-anak masih banyak terjadi yang penyebab utamanya adalah faktor ekonomi mayarakat yang masih kurang sejahtera, padahal faktor pendidikan merupakan potensi pembangunan dan perubahan untuk membangun paradigma baru masyarakat dan perekonomian rakyat. Di desa Tambi sendiri terdapat Dua SD dan dua buah PAUD. Selain itu nuansa religius masyarakat juga dirasa masih cukup kental hal ini dapat dilihat dari adanya perkumpulan pengajian untuk ibu-ibu dan tahlilan untuk bapak-bapak yang dilaksanakan setiap minggunya. Dan juga TPQ / madrasah yang hampir diikuti oleh semua anak di Desa ini.



2.

Latar Belakang Kegiatan KKN POSDAYA Secara Umum

Desa Tambi terdiri dari 2 Dusun dan 11 RT, dalam pelaksanaannya sangat tergantung pada masyarakat dan pemerintah daerah setempat, dimana mayoritas masyarakatnya adalah keluarga belum sejahtera.

Keadaan alam di Desa Tambi cukup potensial untuk dikembangkan. Tanah yang subur dapat digunakan sebagai tempat menanam berbagai sumber pangan yang menghasilkan, sehingga banyak lahan yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tegalan/kebun dan sawah. Sarana yang ada seperti jalan tidak cukup memadai, karena banyak jalan yang rusak. Desa Tambi sudah dikatakan desa yang berkembang, Lembaga Kemasyarakatan desa belum terlalu baik di bidang ekonomi, namun telah terbentuk koperasi-koperasi kelompok, yaitu koperasi simpan pinjam PKK, (namun Koperasi Unit Desa belum ada), di bidang pendidikan, Sudah tersedia PAUD, TPQ, dan SD, Di bidang kesehatan tersedia PUSTU (Puskesmas Pembantu), FKD (forum kesehatan Desa), kegiatan PHBS masih terus berjalan setiap hari minggu dengan motor penggerak dari ibu-ibu PKK, jambanisasi dan Perbaikan Rumah layak huni sudah diprogramkan dari desa, melalui dana swadaya masyarakat, Posyandu Balita berjalan dengan lancar dengan menerapkan prinsip 5 meja dengan benar (ada penyuluhan kesehatan/pemberian informasi setelah penimbangan, pencatatan, dan imunisasi). Posyandu Lansia baru di PUSTU, namun kegiatannya sekarang masih berjalan. Kesadaran masyarakat akan sanitasi lingkungan kurang, hal ini bisa dilihat pada masyarakat yang membuang BAB sembarangan, dan terkadang kebiasaan BAB di sungai. Permasalahan kesehatan tersebut merupakan sebagian kecil dari permasalahan kesehatan yang ada di Desa Tambi.

Berdasarkan permasalahan di atas dan potensi yang dimiliki, KKN POSDAYA yang dilaksanakan di Desa Tambi Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang berusaha untuk merencanakan, mengelola, mengevaluasi dan memecahkan permasalahan kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lingkungan dalam usaha mengembangkan potensi yang dimiliki desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang memiliki kesejahteraan yang lebih baik. Selain itu dikarenakan program KKN POSDAYA baru pertama kali dilakukan di desa Tambi khususnya dan di Kabupaten Pemalang pada umumnya, maka pada kesempatan ini kami berusaha membentuk kelembagaan POSDAYA. Dimulai dari mengumpulkan data-data dasar tentang keadaan desa, sosialisasi dengan perangkat desa, tokoh masyarakat maupun warga desa Tambi. Membuat rakor desa sampai pada akhirnya membentuk struktur posdaya





































BAB II

PELAKSANAAN PROGRAM KERJA DAN PEMBAHASAN





Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya Universitas Jenderal Soedirman Tahun Ajaran 2008/2009 di Desa Tambi dimulai sejak tanggal 27 Januari 2009 sampai dengan 3 Maret 2009. Kegiatan KKN ini terdiri dari empat bidang, yaitu Bidang Kesehatan, Bidang Pendidikan, Bidang Ekonomi, dan Bidang Lingkungan yang kesemuanya meliputi bidang fisik dan non fisik.



1.

Kegiatan Non Fisik

Kegiatan non fisik dari empat bidang yang telah disebutkan diatas ada sebanyak 10 kegiatan. Seluruh hasil kegiatan non fisik dari ke empat bidang ini bisa dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel 6. Hasil Kegiatan Non Fisik

No


Program Kegiatan


Vol


Sasaran


Jumlah


SUMBER

Masy


Mhs


Pemda


Desa


Puskesmas kutawis


DKK


Swasta

A.


Bidang Kelembagaan































1


Sosialisasi Posdaya


8 kali


Perangkat Desa (27 januari 2009)


-


-


-


-


-


-


-


-










Forum Kesehtan Desa (28 januari 2009)


-


-


-


-


-


-


-


-










Tokoh-tokoh masyarakat (29 januari 2009)


-


-


-


-


-


-


-


-










Tertemuan PKK (29 januari 2009)


-


-


-


-


-


-


-


-










Rapat pembentukan Struktur Posdaya (29 januari 2009)


-


-


125.000


-


-


-


-


-










Rapat sosialisasi PNPM (29januari 2009)


-


-


-


-


-


-


-


-










Pengajian rutin kamis RT 7 (30 januar i 2009)


-


-


-


-


-


-


-


-










Ibu-ibu pengajian Balai muslimin (30 januari 2009)


-


-


-


-


-


-


-


-

2.




Rapat Koordinasi Desa & tokoh2 masyarakat


4 kali


Perangkat Desa (29 januari 2009)/ 2x


-


-


50.000


-


-


-


-


-










Forum Kesehatan Desa (28 januari 2009)/ 2x


-


-


-


-


-


-


-


512.000

B.


Bidang Kesehatan































1


Penyuluhan PHBS (10 indikator PHBS)


1 kali


Kelompok masyarakat (14 februari 2009)


-


-


-


50.000


-


-


-


-

2


Penyuluhan PHBS (sikat gigi & cuci tangan )


1 kali


Anak-anak kelas 4,5 dan 6 SD N 1 Tambi (23 februari 2009)


-


-


-

-


-


-







-


300.000







1 kali


Anak-anak kelas 4,5 dan 6 SD N 1 Tambi (23 februari 2009)


--


-


-


-


-


-

AddThis
Back

* About Us
* Contact Us
* Feedback
* News
* Blog
* Photogallery
* Guestbook
* Events Calendar

Contact

abdul wakhid

tegal

085215300528

abdul_039@yahoo.com
Blog
proposal bisnis PKM
2009-10-23 01:25
PROPOSAL BUSINESS PLAN LIBRARY CAFÉ AND BLOG LEARNING CENTER Oleh: Abdul Wakhid Fauji Fitrianto Cita Melasari Diajukan kepada: Kementrian Pemuda Dan Olahraga Lomba Bisnis Plan Tahun 2008 Jl. Kenanga No. 485 Grendeng Komplek...
laporan KKN 2009
2009-10-23 01:16
LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN KKN POSDAYA DESA TAMBI KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG Oleh : SARI SUNDARI A1A005030 DIKY MARDIANTO C1C005008 DWI CAHYO...
promosi kesehatan
2009-10-21 00:15
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Gizi buruk adalah bentuk terparah dari proses terjadinya kekurangan gizi menahun. Status gizi balita secara sederhana dapat diketahui dengan membandingkan antara berat badan menurut umur maupun menurut panjang badannya dengan rujukan (standar) yang...
laporan magang
2009-10-20 18:33
TUGAS TERSRUKTUR MATA KULIAH PARASITOLOGI NEW EMERGENCY DISEASE FLU BABI (H1N1) Oleh: Abdul Wakhid L1A005039 Mechiho SK L1A005095 Agus Prasetyo L1A005113 Wachyu Priyanto L1A005125 Dina...
Poll
apa pendapat anda tentang pacaran?

haram (2)
100%

diperbolehkan (0)
0%

Total votes: 2
1234
bikin hidup ini enjoy!!!

This list is empty.

1 komentar: